Rekomendasi Film Horor Favorit

1 comment
Rekomendasi Film Horor Favorit poster film horor
Rekomendasi Film Horor Favorit

Bulan Oktober memang identik dengan perayaan Halloween. Oleh karena itu, nggak lengkap rasanya kalau tanpa menonton film horor. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi film horor yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu buat nonton di Halloween nanti hehe. Tapi, saya nggak sendirian dalam memberikan rekomendasi film horor, karena saya sudah berusaha mengumpulkan berbagai film horor favorit dari beberapa teman yang saya kenal. hehe.

Oke here we go.

1. Midsommar (2019)

Poster film horor Midsommar (2019)
Film horor Midsommar (2019)

Film ini langsung terucap pertama kali saat saya menanyakan kepada Bloger yang punya bio Twitter "Tukang ngeblog kembaran Emma Stone, hidup seperti Easy A" yaitu Emma Stole atau yang sering disapa Icha. Icha mengaku ngeri banget dengan Midsommar karena film itu menurutnya lebih menyorot hubungan toksik serta kehidupan yang suram dan kesepian karena kurang support system dari orang terdekat. Dani, di film Midsommar diceritakan memiliki adik yang depresi, tapi pacarnya Dani justru cuek dengan keadaan dirinya yang butuh perhatian.

Film kedua yang jadi favorit Bloger asal Samarinda ini adalah The Eyes of My Mother (2016). The Eyes of My Mother (2016) sendiri merupakan film bergenre horor sekaligus drama yang menyoroti hubungan antara ibu dan anak. Di film ini yang bikin ngeri adalah persoalan ditinggal mati orangtua yang nantinya pasti membuat orang yang ditinggalkan jadi kesepian. Tak jarang, sang anak yang ditinggal juga nggak tahu cara hidup yang benar, usai kepergian orangtua yang harusnya ada untuk membimbing anaknya.

Icha juga menambahkan satu series horor favoritnya yaitu The Haunting of Hill House (2018). Series horor yang justru lebih bernuansa drama keluarga tersebut menurutnya nyeremin sekaligus memberikan gambaran kalau trauma saat masa kecil itu tidak bisa diremehkan. Trauma masa kecil akan mengikuti seseorang sampai dia dewasa atau tua sekalipun.

"Makin bikin baper, malah makin serem menurut aku. Jadi, bukan soal penampakan atau sejelek apa muka setannya, tapi ya seberapa besar dampak film atau series itu ke kejiwaanku," tutup Icha.


2. The Ring (2002)

Poster film horor The Ring (2002)
Film Horor The Ring (2002)

Film horor yang dibintangi Naomi Watts ini merupakan favorit dari teman saya, Bogi Yuniar Rachman. Menurut pria asal Malang yang sering nulis di Medium ini, film The Ring (2002) terasa unik, beda dari biasanya karena medium untuk menampilkan si penampakan dengan menggunakan alat yang lebih modern, yaitu video tape. Jadi pemanggilan si penampakan ini nggak pake papan Oija, jelangkung atau dupa yang biasa kita lihat di beberapa film horor.

"Jadi kayak ada cross dimensi aja sih, benda yang bukan identik dengan klenik itu bisa juga manggil setan," tambah Mas Bogi.

Film The Ring (2002) selain penampakannya horor, ceritanya juga menarik untuk diikuti. Karena meski bergenre horor, menurut Mas Bogi cerita dari film ini justru menyedihkan. Yaitu si anak dimasukkan ke sumur oleh ibunya sendiri. Kata "Ring" itu sendiri merupakan simbol bentuk cahaya terakhir yang si anak lihat di mulut sumur, sebelum sumurnya ditutup. 

3. Teeth (2007)

Poster film horor Teeth (2007)
Film Horor Teeth (2007)

Rekomendasi berikutnya dari Bloger yang suka review buku dan hobi bikin puisi, Afrianti Pratiwi. Meski nggak banyak nonton film horor, Afrianti atau yang kerap disapa Tiwi ini menyebut film Teeth (2007) sebagai film horor favoritnya.

Menurut Tiwi, film Teeth (2007) meski nggak horor banget, justru bisa ngajak kita merenung dan memberikan pelajaran soal consent. Mungkin dengan nonton film ini, bisa bikin kita 'nggak asal tancep sembarangan' kayak flashdisk di warnet. Film horor macam Teeth (2007) juga bisa jadi pilihan nonton kalau nggak suka jumpscare penampakan hantu serem, hehe. 


4. Haute Tension (2003)

Poster film horor Haute Tension (2003)
Film Horor Haute Tension (2003)

Sebenarnya nggak cukup satu, justru ada tiga film horor yang jadi favorit Bang Rais atau R415 ini. Yup, Bang Rais langsung mantap menyebutkan Haute Tension (2003), Inside (2007) dan Frontier(s) (2007) sebagai film horor favoritnya. Tiga-tiganya horor thriller slasher yang merupakan genre kesukaan bang Rais.

"Aku suka yang menegangkan gitu, seru rasanya," kata Bang Rais saat ditanya alasannya menyukai horor thriller

Horor thriller atau slasher memang bagi sebagian orang (termasuk saya) jadi ngeri karena adegan gore atau kekerasannya yang bikin ngilu. Tapi buat yang nggak suka film horor yang ada jumpscare hantunya, kamu bisa menonton rekomendasi dari Bang Rais tersebut. Bang Rais juga menambahkan beberapa film horor yang bisa kamu tonton seperti; Livide (2011), My Bloody Valentine (2009), Martyrs (2008), House of Wax (2005), Ils (2006), The Texas Chainsaw Massacre (2003), The Midnight Meat Train (2008), Vacancy (2007), The Last House on The Left (2009), The Strangers (2008), I Spit on Your Grave (2010) dan Wolf Creek (2005). 

Nah loh, banyak kan? Hahaha, bisa deh tuh ditonton atau nambah watchlist kamu. Kalau ribet nyatet satu-satu, bisa cek list di Letterboxd yang sudah saya buat ini ya >>> Rekomendasi film horor favorit.

5. The Exorcist (1973)

Poster film horor The Exorcist (1973)
Film Horor The Exorcist (1973)

Film horor yang menurutku paling mengerikaaaaaaan dan nggak akan saya tonton ulang ini justru jadi favorit Bloger asal Kediri yang suka review buku, Mayang Dwinta. Tapi sebelum menyebutkan The Exorcist (1973), Mayang memilih Her (2013) sebagai film horor favoritnya karena si tokoh utama di film tersebut ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Hadeh....

Khusus untuk film horor, pemilik Blog Buku ke Mana Saja ini lebih menyukai sub genre horor supernatural. Menurutnya, yang berbau klenik-klenik memang selalu menarik. Adegan favoritnya di The Exorcist (1973) tentu saja saat proses praktik eksorsisme dilakukan.

"Tokoh favoritku dalam film ini adalah Regan. Tau sendirilah alasannya kenapa. Dan menurutku, lagu Mbah Dukun yang dinyanyiin Alam terinspirasi dari film ini. No debat," tutup Mayang Dwinta.

5. It (2017)

Poster film horor  It (2017)
Film Horor  It (2017)

Kali ini giliran saya yang ngasih rekomendasi film horor favorit ya, hehe. Berawal dari nonton film It (2017), saya jadi menyukai film horor dan film adaptasi dari novel karangan Stephen King. Saya juga jadi hobi baca novel-novelnya Stephen King yang menurutku sangat realistis huhu. Film dan novel dari Stephen King yang selama ini sudah saya tonton dan baca, termasuk It, pasti memberikan suasana yang mencekam, konflik yang bertubi-tubi dirasakan oleh tokoh utamanya, hingga teror yang selalu menghantui kehidupan si tokoh utama. Tapi, yang saya suka dari novel Stephen King dan film It (2017) ini, semua karakternya bekerja sama dan nggak putus asa berjuang untuk menaklukkan dan menghabisi si pembawa teror itu. Hingga peneror itu nggak ada artinya lagi buat si tokoh utama. Hal ini sering saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari hehehehe. Pokoknya, hajar terus.

Nah itu tadi rekomendasi film horor favorit yang sudah saya rangkum dari teman-teman. Terima kasih banget buat Icha, Mas Bogi, Tiwi, Bang Rais, dan Mayang yang sudah bersedia saya tanya-tanya hehe. Semoga kita semua sehat selalu dan selamat menonton! (*)

1 komentar:

  1. Aku merasa terhormat ada di list ini. Tapi list film horor ini tidak ada apa-apanya dibanding kehororan tanggal tua (∩ ͡° ͜ʖ ͡°)⊃━☆゚

    Btw, kenapa enggak mau nonton lagi itu the exorcist? Pelajaran fundamental ilmu santet itu penting, Njus.

    BalasHapus