Review Film: Happy Birthday To Me (1981)

4 comments
Review Film: Happy Birthday To Me (1981) Indonesia

Film horor Happy Birthday To Me (1981) garapan sutradara J. Lee Thompson, mengisahkan tentang Virginia Wainwright (Melissa Sue Anderson), seorang remaja yang baru saja kembali ke sebuah private school yaitu Crawford Academy setelah berhasil selamat dari kecelakaan maut yang menewaskan ibunya, serta sembuh dari operasi otak. Usai kembali lagi bersekolah, dia juga berhasil menjadi anggota kelompok elit di Crawford Academy, yang tentunya beranggotakan murid-murid high class. Sesuatu yang belum pernah ia rasakan sebelumnya.

Virginia kembali ke Crawford Academy

Seperti siswa kelompok elit pada umumnya, saat malam hari tentu mereka juga kerap hang out bersama di bar, kalau zaman sekarang ya mungkin buat konten Story di Instagram mungkin ya hehe. Di pembukaan film kita sudah diperlihatkan sebuah konflik, yaitu salah satu siswa elit yang bernama Bernadette O'Hara (Lesleh Donaldson) tiba-tiba dicekik dari belakang saat dirinya akan mengendarai mobilnya. Beberapa saat setelah dia berhasil melarikan diri, terlihat bahwa Bernadette bertemu dengan seseorang yang ia kenal. Tapi, sosok yang mengenakan sarung tangan kulit berwarna hitam itu justru mengeluarkan pisau yang digunakan membunuh Bernadette.

Bernadette melihat pembunuh tersebut seperti orang yang ia kenal

Sementara itu, para siswa elit telah berkumpul di bar, dengan Virginia yang terakhir muncul sebelum Alfred Morris (Jack Blum). Jika kamu memerhatikan dengan cermat, Virginia ini juga mengenakan sarung tangan kulit berwarna hitam, mirip dengan yang dikenakan si pelaku pembunuhan Bernadette. Singkat cerita, karena keadaan di bar makin chaos (ya gara-gara mereka sendiri sih), akhirnya mereka berlomba menyeberang jembatan meski jembatan tersebut akan dibuka agar bisa dilewati kapal. Salah satu mobil dari siswa elit tersebut ada yang nekat menyeberang jembatan, padahal jembatannya udah dibuka tinggi banget, dan membuat mobil yang mereka tumpangi jatuh. Virginia yang ikut menumpang di mobil tersebut tentu merasa kaget. Hal ini karena "permainan" tersebut merupakan hal yang belum pernah ia lakukan. Virginia yang langsung ngambek kemudian berlari menuju makam ibunya yang terletak di dekat rumahnya, di dekat TKP tempat mobil mereka jatuh. 

Setelah peristiwa tewasnya Bernadette, satu persatu anggota siswa elit ini mulai menghilang misterius, yang membuat pihak Crawford Academy mulai menyelidiki kasus-kasus tersebut. 

Satu persatu teman Virginia menghilang dan tewas secara misterius

Nggak cuma itu, Virginia yang diketahui sedang dalam proses pemulihan cedera dan kehilangan sebagian memorinya setelah kecelakaan tahun lalu, tiba-tiba diserang perasaan ketakutan dan bersalah. Takut kalau semua itu terjadi karena ulah dirinya. Tapi, pembunuhan ini terus berlanjut bahkan sampai hari ulang tahunnya yang nantinya penonton akan diberikan kejutan atau twist akan identitas pelaku dan motifnya.

Virginia yang kehilangan sebagian ingatannya merasa takut, jangan-jangan ia yang menyebabkan temannya hilang secara misterius

Film Happy Birthday To Me (1981) ini sebenarnya cukup menarik dan membuat saya penasaran hingga akhir film, cuma ada beberapa bagian yang bikin bingung, seperti adegan flashback yang agak nyaru dengan adegan sebelum atau sesudahnya. Twist di akhir film sebetulnya juga cukup make sense, karena mulai di awal film sudah banyak clue yang disajikan. Tapi mungkin saya merasa agak janggal dengan trik si pelaku, mengingatkan dengan trik yang sering digunakan Vermouth di anime atau komik Detektif Conan hahaha. 


Meski begitu, film ini tetap asyik ditonton, apalagi buat kamu yang lagi ulang tahun. Well selamat menonton! (*)

4 komentar:

  1. baiq. kalo dari jalan ceritanya, sepertinya ini termasuk horor thriller yang generik. nggak semenggelisahkan kek film Nymphomaniac. Boleh lah ditonton buat ulang tahun nanti. donlot dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener sih Nymphomaniac dari judulnya saja sudah menggelisahkan, tp aku belum nonton filmnya btw wkwk, takuuutt. siaap, selamat menonton Happy Birthday To Me (1981) saat ultah nanti

      Hapus
  2. bagus film-nya. sayangnya, aaak, nggak terlalu masuk akal di bagian ending. kayaknya justru trik Vermouth yang mirip sama film ini mengingat ini keluaran taun 1981.

    BalasHapus