Review Film: Swallow (2019)

Leave a Comment
Review Film: Swallow (2019) Indonesia via twitter.com/bluefinchfilms

Film besutan sutradara Carlo Mirabella-Davis ini bercerita tentang Hunter (Haley Bennett), seorang ibu rumah tangga yang menikah dengan pria dari keluarga kaya raya, bernama Richie (Austin Stowell). Tanpa harus bekerja, Hunter hidup di rumah mewah yang nyaman, sambil mengurus urusan rumah tangganya. Mulai dari membersihkan rumah, memasak, hingga berkebun.



Hunter memang diceritakan sebagai sosok wife material banget, kalem anggun dan terobsesi ingin membahagiakan sang suami. Kehidupan mereka pun semakin bahagia karena Hunter dinyatakan positif hamil.

"Do i make you happy?"

Meski begitu, di film ini juga terlihat bahwa Hunter tampak sangat kesepian. Ketika makan malam di rumah, sang suami tetap sibuk dengan smartphone-nya mengurusi urusan pekerjaan, bahkan saat mereka berkumpul dengan keluarga suaminya, Hunter tetap tidak mendapatkan perhatian. Mertuanya juga kerap berkata pada Hunter bahwa dia harusnya bersyukur dan berterimakasih serta merasa beruntung dapat menikah dengan suaminya.



Setelah hamil, Hunter semakin tidak memiliki kontrol atau kendali dalam keluarganya bahkan dirinya. Hal ini tentu membuat ia semakin stres sehingga memunculkan obsesi baru yang membuatnya tetap dapat memegang kendali, yaitu menelan berbagai macam benda. Mulai dari kelereng, baterai, bahkan kertas dari buku yang diberikan mertuanya.

Menurut saya, film ini sepertinya cocok dengan bayangan horor saya tentang ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan dan harus di rumah. Ibu rumah tangga yang tidak dapat bekerja, harus memanjakan suami, dan tidak boleh membantah suami serta mertuanya. Hal ini tentu bikin stres dan yes, ini horor banget. Siapa yang tidak takut kalau kehilangan kendali bahkan kontrol akan diri kita sendiri? Saat mertua berani mengkritik gaya rambut kita dengan alasan anaknya tidak suka, it is blow my mind. 

Swallow sukses bikin saya ngeri sekaligus jadi inget film The Invisible Man yang baru saya tonton. Sama-sama tentang seorang wanita yang ingin melepaskan kendali suami atau kekasihnya yang abusive dan menyebalkan. Swallow dan The Invisible Man juga sama-sama menghadirkan sosok suami atau kekasih yang menginginkan sang wanita untuk kembali kepadanya, agar bisa kembali mengendalikan kehidupannya.

Worth to watch! Selamat menonton. (*)

Sumber gambar: imdb.com dan twitter.com/bluefinchfilm

0 komentar:

Posting Komentar