Hal-Hal Menarik dari Attack On Titan yang Related dengan Kehidupan Kita

10 comments
Attack On Titan via daily.com

Attack on Titan atau Shingeki No Kyojin merupakan manga yang kemudian diadaptasi ke serial anime dan live action. Manga karya Hajime Isayama yang bergenre fantasi ini pada tahun 2014 sukses merebut banyak penggemar di Indonesia. Baru saja pula Attack on Titan merilis teaser season 2 terbarunya.

Sayangnya, selain sayang kamu, saya baru saja menikmati karya Hajime Isayama ini. Heuheuheu. Saya kira Attack on Titan akan berujung pertarungan tiada henti seperti Naruto atau pun One Piece. Woops! No offense ya, bukan bermaksud untuk menjelekkan, saya akui dua anime tersebut sangat luar biasa! Ya, semua kembali ke persoalan selera, karena kadang saya menikmati seri yang langsung cepat selesai seperti Death Note, atau Kungfu Komang yang saya mampu membacanya tanpa mengurutkan nomor seri komiknya. Hei, Kungfu Komang benar-benar obat stres paling asik. Haha.

Attack on Titan menceritakan (mostly) tentang perjuangan Eren, Mikasa dan Armin melawan titan yang menyerang tempat tinggal mereka dan memakan orang terdekat mereka. Selain itu, tujuan adanya titan ini pun masih misteri, titan juga tidak tertarik terhadap makhluk hidup lain selain manusia, serta dia mampu bertahan hidup jika tidak memangsa manusia.

Attack on Titan

Pertama kali saya menonton Attack on Titan, well...saya benar-benar menikmatinya dari opening sampai ending. Opening song-nya benar-benar bikin semangat. Well saya akan menjabarkan beberapa hal yang membuat saya mind blowing dan mengucapkan "Oh iya ya!"

1. Tidak Ada yang Dapat Menekan Rasa Ingin Tahu Manusia


Di episode pertama, Eren ingin bergabung ke dalam Recon Corps, namun Carla,ibunya tidak menyetujui karena sama saja membahayakan nyawa Eren. Eren tetap bersikeras ingin pergi ke luar dinding karena dia ingin melihat dan mempelajari dunia luar, dan tidak mau mati di dalam dinding ini tanpa mengetahui ada apa di luar sana. Menurut saya, rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi harus dimiliki oleh setiap manusia agar kita tidak cepat puas dan pasrah terhadap semua yang terjadi pada diri kita. Dengan rasa ingin tahu akan mendorong kita untuk belajar lebih banyak dan mengetahui apa yang kita belum tahu meskipun hal tersebut adalah hal yang tidak menyenangkan.

2. Demi Kebaikan Manusia yang Lain, Sebagian Manusia Harus Berkorban


Yah, entahlah ini humanis atau bukan, tapi di Attack on Titan khususnya di episode 2, diceritakan bahwa pengungsi dari Desa Shinganshina harus kembali ke desa mereka karena persediaan makanan yang sangat terbatas. Hal ini ternyata cukup efektif untuk menghemat cadangan makanan desa yang dijadikan tempat pengungsian. Warga Desa Shinganshina yang kembali ke desa tercatat hanya 100 orang yang selamat dari 250.000 orang yang mengungsi. Yah, kemanusiaan itu membingungkan, menurut saya, seperti  teori oleh Malthus yang menjadi inti cerita di film Inferno. Intinya adalah agar sebagian manusia tetap hidup, sebagian manusia yang lain harus berkorban, daripada semua harus tewas.

3. Dunia Ini Kejam

Di episode 6 kita dibawa ke dalam ingatan masa kecil Mikasa. Mikasa yang menjadi top class di akademi militer dan memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa membuat banyak orang penasaran terhadap apa yang membuat Mikasa demikian. Ternyata, sejak kecil Mikasa telah belajar bahwa dunia ini kejam, dan berkali-kali dia melihatnya. Seperti ketika dia melihat seekor capung yang memangsa seekor kupu-kupu, dan pada saat ayahnya mampu menembak seekor itik. Selain itu ketika Mikasa kecil, ayah dan ibunya dibunuh secara kejam dan dia akan dijual karena Mikasa memiliki marga Ackerman yang bernilai tinggi. Jadi, manusia dan manusia juga saling membunuh dan bertarung satu sama lain, lalu mengapa Titan tidak boleh memangsa manusia? Padahal peperangan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa yang sangat banyak sering terjadi, dalam hal ini manusia tidaklah beda dengan titan.

4. Manusia Adalah Budak dari Sesuatu

Kenny Ackerman
Di chapter 69, Kenny Ackerman yang sekarat berbincang kepada Levi, bahwa semua manusia yang dia lihat adalah sama. Semua manusia memiliki sesuatu yang mereka impikan, itulah yang membuat mereka terus maju dan mau berjuang. Manusia adalah budak dari sesuatu itu, yang dapat berwujud alkohol, wanita, kekuasaan dengan berpura-pura menjadi dewa, keluarga, Raja, impian, anak-anak, dan kekuatan.

5. Kejahatan Dibalas dengan Kejahatan Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

Ternyata memang ada bangsa di dunia luar selain di dinding, di antaranya adalah Marley dan Eldian. Orang-orang yang tinggal di dalam dinding juga merupakan Eldian. Diceritakan bahwa leluhur Eldian yaitu Raja Fritz melakukan perjanjian dengan iblis, dan mendapatkan kekuatan titan. Titan ini digunakan untuk membangun negara, sayangnya, Eldian melakukan pembersihan etnis terhadap bangsa Marley. Hal ini menyebabkan perang besar yang akhirnya dimenangkan oleh pihak Marley. Marley yang menjadi pemenang akhirnya juga melakukan perbuatan yang sama seperti yang dilakukan oleh Eldian, seperti diskriminasi, pembatasan aktivitas terhadap Eldian dan kebencian yang luar biasa membuat Marley berhak melakukan kekerasan apapun terhadap Eldian. Sebelum saya mengetahui akan hal ini, saya sempat bingung, mengapa Eldian dan Marley tidak berdamai saja ya? Ya kalau mereka berdamai, saya tidak akan menikmati Attack on Titan ini dong heuheu bagaimana sih haha. Melihat akan hal ini saya jadi ingat nasehat neneknya Marjane Satrapi ketika kecil,
"Dalam hidup kau akan bertemu banyak orang jahat. Kalau mereka menyakitimu, katakan pada dirimu sendiri, itu karena mereka bodoh. Hal itu akan membantu mencegahmu bereaksi pada kekejaman mereka. Karena tidak ada yang lebih buruk daripada kebencian dan balas dendam. Selalu jaga martabatmu dan jujurlah pada dirimu sendiri."

6. Sayangi Ibumu dan Belilah Komik Aslinya Ketika Sudah Terbit di Kotamu

Eren and His Mom 

Eren sangat membenci titan khususnya Smilling Titan karena titan tersebut telah memakan ibunya hidup-hidup di depan Eren. Di episode kedua digambarkan flashback Eren dengan ibunya yang membuat Eren semakin sedih. Ya, dulu ketika Ibunya masih hidup, Eren sering membantahnya, dan hal tersebut mungkin membuat Eren semakin menyesal.

Baca juga : Sejarah Asal Muasal Titan dalam Anime Attack on Titan

Nah, kalau komiknya sudah terbit, jangan lupa beli ya, kalau belum ada duit semoga segera diberi kelimpahan rezeki biar rezekinya muter sampai pihak penerbit dan Hajime Isayama. Hehe. Selamat membaca dan selamat menonton!

10 komentar:

  1. wahahaha. selalu lucu gaya bertutur si Njus ini. btw, one piece bagus. kenapa death note cepat tamat? karena ratingnya kalah sama one piece dan harus bungkus. sementara one piece selalu top rank jadi bertahan lama di majalah komik shonen jump. saya tau itu dari anime bakuman yang juga dibikin oleh pengarang death note. terus, kung fu komang emang edan tenan! yang ini saya akur!

    attack on titan openingnya mantap ya. terjemahannya ada kalimat "kita adalah serigala lapar". uh, relate sama wwf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu pernah baca kalau One Piece memang selalu top rank sepanjang masa. Iya, Kungfu Komang emang kocak banget hahahahahahaha.
      Uh iya, kepsek WWF hehehe

      Hapus
  2. Kenapa yang poin 6 itu sedih T____T Aku juga kayak Eren. Suka ngebantah Mamaku. Njus sama Njung sama ya, sama-sama suka anime. Bikin tulisan ini juga (kebetulan yang so sweet) barengan. Ini aku buta anime, tapi ngerasa paham baca ini karena penulisan Njus yang bersahabat. Sayang kamu, Njus!

    Btw yang poin 6 lagi, iya bener sih. Harus beli komik aslinya kalau beneran suka dan ngaku fans sejatinya anime satu ini. Jangan nonton anime-nya aja bergiga-giga. Hargai penulisnya. Hehehe. Gitu bukan sik~

    BalasHapus
    Balasan
    1. uluhluuuhhhh, saya makin sayang sama kamu Ich!!! bwahahhahahak. Iya, aku mencoba mengoreksi diri ketika melihat kisah Eren dan Ibunya, ya sebelum menyesal seperti Eren, tidak ada salahnya untuk menjadi lebih baik lagi.

      Iya gitu!! Yang namanya fans, dan kalau sudah punya duit tumpeh-tumpeh, itu komik, action figure sampai apapun mau dikoleksi cha! hehe

      Hapus
  3. Perihal attack on the titan, aku baru nonton filmnya just, kalo buku komiknya ataupun film anime serinya belum pernah nonton..

    Banyak nilai yg dapat diambil dari sebuah film monster, selain mangsa memangsa

    BalasHapus
  4. Barusan baca blog Jung bahas anime ini juga. Wahaha. XD

    Duh, budak dari sesuatu, ya. Betul juga. Kita pun sekarang jadi budak digital. Eh, iya gak, sih? :|

    BalasHapus
  5. Jujur aja jarang nonton anime diluar genre komedi atau sports sih. Tapi ya karena banyak yg bilang ini bagus jadinya ikut nonton .......dan suka!!!!

    Alurnya kalo dipikir-pikir sebenernya cepet, tapi gak terlalu berasa. Belum lagi banyak banget kejutan, kayak kita mikirnya Eren bakal balas dendam dan jadi prajurit yang membunuh Titan, tiba-tiba malah mati, terus idup lagi malah jadi Titan. Apalagi pas adegan Eren diadili, dikasih ke polisi militer atau reconnect corps.
    Sampai akhir banyak kejutan...

    Masih belum bisa nebak endingnya bakal gimana. Semoga bisa tamat sih, jangan kek Naruto atau one piece. Haha

    BalasHapus
  6. Ah mau cerita lagi di sini deh kak. Aduh maafin ya wkwkkw xDD

    Ih iya bener, OST nya mereka semuanya memorable!!

    Wir sind the jagerlalallalalalala. Gitu deh pokoknya. Beatnya mukul telinga banget, tapi jadi semangat. Lucu aja sih kadang mikir.....ini anime Jepang, tapi setting nya di Jerman xD trus lagunya mix gitu bahasa Jepang trus ada Jerman2nya. Logat Jepang kan gak blend well banget sm logat Jerman xD jadi aku dengernya aneh2 lucu xD

    Anyway mau follow kakak tapi ga ada button nya ._.
    9gak mau lewat newsletter wkwkw)
    /dikeplak

    BalasHapus