Cara Menyenangkan Mengerjakan Skripsi

17 comments

Jujur saja sih, skripsi itu enggak susah kok. Skripsi susah itu mitos. Skripsi itu seperti karya ilmiah pada umumnya. Ya menggunakan jurnal ilmiah yang akurat sebagai acuan atau dasar, menggunakan metode penelitian yang sebisa mungkin merepresentasikan keadaan sesungguhnya, serta hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Gampang kan?

Gampang, kalau kamu sudah terbiasa melakukan hal sistematis tersebut selama bikin makalah atau paper untuk tugas kuliah. Kalau enggak? Ya sudah, dibiasakan saja hehe. Namun kebanyakan dari kita emang suka bikin paper dengan copy lalu paste dari blog yang menyajikan konten seputar skripsi atau karya ilmiah. Terus gimana dong, biar ngerjain skripsi yang sudah kita anggap skripsi itu susah, biar terasa menyenangkan?

Cari topik skripsi yang kamu senangi atau yang dapat kamu kerjakan

Skripsi itu pasti ada peminatan, nah bagusnya kalau kamu ambil yang sesuai minat kamu. Jadi kamu selalu semangat untuk mengerjakannya. Atau kalau susah dikerjakan sekalipun, karena kamu minat dan seneng banget, jadi kamu tetap mau mengerjakan. Opsi kedua, kalau kamu benar-benar sama sekali enggak minat, cari topik yang mudah. At least kalau kamu males-malesan ngerjain, bisa tetep selesai dan enggak susah. Coba bayangin deh, udah susah ngerjainnya, kamu juga enggak minat, mahasiswa baru juga makin banyak bermunculan. Makin stress kan?


Akrab dengan dosen pembimbing

Kalau belum terlalu kenal dosen pembimbing, coba kenalan dulu. Ajak diskusi tentang topik skripsi dan objek penelitian yang akan kamu kerjakan. Jangan lupa untuk meminta saran, topik skripsimu sudah bagus atau belum, kira-kira terlalu berat untuk dikerjakan mahasiswa dalam strata sepertimu atau tidak. Karena, dosen sudah pasti pernah mengerjakan skripsi dan tesis jauh sebelum kita, jadi mereka bisa menerka apakah kita mampu untuk mengerjakan atau tidak.


Review jurnal

Ini penting untuk memperkuat dasar kamu dalam mengerjakan skripsi. Selain itu, jurnal juga membantumu mengetahui metode yang tepat untuk mengerjakan skripsi. Kamu juga dapat membandingkan hasil yang kamu dapatkan dengan hasil dari penelitian sebelumnya yang terdapat pada jurnal, sehingga kamu bisa tahu alasan jika ada perbedaan hasil di skripsi kamu, atau mungkin terasa kurang sempurna, dan sebagainya.

Bikin list achievement

List pencapaian kamu selama seminggu sudah mengerjakan apa saja. Hal ini membantumu agar semakin terpacu dalam mengerjakan skripsi. Jika selama seminggu enggak ngerjain apa-apa untuk skripsi, rugi kan? Menunda satu hari mengerjakan skripsi, sama saja menunda dapet kerja, menunda nikah, dan tentu saja menunda wisuda hahaha.

Cari temen yang setopik skripsi sama kamu

Teman yang setopik itu ibarat malaikat guys. Walau skripsimu kamu anggap mudah, dan kira-kira bisa kamu kerjakan sendiri, jangan lupa kamu tetap butuh teman. Teman apalagi teman setopik bakal bisa bikin diskusi tentang skripsi makin enak, ke kampus buat ngerjain skripsi juga jadi enggak males. Kamu bakal nambah banyak ilmu dan bisa tanya hal-hal yang belum kamu terlalu pahami. Selain itu,teman yang setopik skripsi bisa kamu ajak latihan presentasi ketika akan pendadaran atau sidang skripsi dengan temanmu yang berpura-pura jadi penguji gitu. Jadi ketika pendadaran atau sidang, kamu tidak lagi grogi, karena sudah latihan presentasi sebelumnya.

Jangan lupa bahagia

Skripsi itu menyenangkan, jangan dibikin susah. Kalau lagi suntuk dan pusing ngerjain skripsi, kamu bisa sambil nonton film atau anime yang lucu-lucu. Suatu saat kamu pasti kangen berlelah-lelah sampai lembur ngerjain skripsi. But all the efforts are worth it! Semangat ya!


image source: pixabay.com

17 komentar:

  1. Terima kasih tips-nya kak.
    Tapi semua itu bakal susah kalau belum ada kemauan, kak. Gimana dong? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah menebak..bahwa kamu pasti yg komen pertama hahaha.
      duh, yaudah mau dulu aja, diniatkan birul wa lidain. hehe. Semangat ya kamuuuu ngerjain skripsinya. Semoga sukses!

      Hapus
  2. Paling susah itu kalau kena mental block, liat draft skropsi aja udah panas dingin. Gak mau ngerjaim...ahahahaha. Nice post, Just ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tandanya kamu butuh liburan..selamat liburan kemudian mengerjakan skripsi lagi!! Tuhan bersama mahasiswa yang berjuang mengerjakan skripsi!!!

      Hapus
  3. Alhamdulillah udah sukses melewati masa masa skripsian ini :')

    Yang paling penting sih akrab sama dosbing kalo gue kemaren. Jadi bimbingan maupun sempro sampai pendadaran lancar jaya. Cuma kadang ngedown aja kalo kebanyakan revisi apalagi pas bab 4 :'))

    Kunjungan pertama nih kayaknya. Salam kenal. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. akrab dengan dosbing merupakan kunci sukses skripsi hehe. Salam kenal juga yaa

      Hapus
  4. Aku dulu ngerjain skripsi selalu di cafe. Selain numpang waifai, aku juga pengen terlihat kekinian sambil kecengan cowok cowok unyu. Alhasil skripsi ku bisa terselesaikan. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlihat kekinian yang menghasilkan skripsi, boleh juga :D

      Hapus
  5. Ada yg lebih susah yaitu pas pengajuan judul penelitian, sebagian orang mentok di ide judul penelitian apa yg diangkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, oleh karena itu harus sering berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing :D

      Hapus
  6. Baca ini, tiba2 ngeliat krs terakhir. Kalo lancar jaya tahun depan gue nih yg skripsian. Kalo akrab sama doabing keknya gue udah mulai nyicil sksd nya sih. Hahahah.

    Pertama kali main kesini kayaknya. Toss dulu dong. Uhuy

    BalasHapus
  7. Betul. Dekat dengan dosen pembimbing. Saya juga, dulu 'dekat' dengan dosen pembimbing. Tidak lupa memakai amunisi berupa Brownies Amanda. It worked :)

    Hmm waktu itu udah ngubek-ngubek isi blog ini sih, liat beberapa postingan. Tapi baru kali ini berkomentar. Woohoo keren!

    BalasHapus
  8. Err... aku belum sampai skripsi sih sekarang. kata orang sih emang sulit, tapi menurutku, kayaknya yang bikin sulit itu adalah 'malesnya kita' ngga sih? aku laporan Kerja Praktek aja belum kelar -_-

    BalasHapus
  9. Duh mengerjakan skripsi memang satu satunya kegiatan yang sangat membosankan dan menyulitkan sekali buat saya, tapi kalau tidak dikerjakan nanti bahaya juga dan akhirnya saya paksa saja biar muantappp untuk kedepannya.

    BalasHapus
  10. Tulisan ini bisa jadi bekal buat sidang skripsi gw nntinya.
    Sya stuju, pandangan kalo skripsi susah itu hanyalah mindset yg dbuat2 saja. (pernyataan sok kuat)

    BalasHapus
  11. Setujuuu banget. Engga susah kalo emang udah pernah bikin penelitian sebelumnya. Sama aja sih, cuma judul besarnya, skripsi.

    Dan hantu utamanya, males. Wwkwkwkwkw. Gak lama kok bikinnya, apalagi kalau udah deadline di depan mata. Seminggu cukup sebenernya xD

    BalasHapus